Tuesday, March 23, 2010

Kombinasi BLOG dan FACEBOOK

Sudah pernah baca posting saya berjudul Memadukan Teknik Marketing Soft Selling dan Hard Selling kan? Di sana saya sebutkan kalau untuk bisnis online anda perlu menerapkan dua teknik marketing tersebut.

Hard sell untuk berjualan secara langsung dan diterapkan di web penjualan anda. Sedang soft sell berjualan secara “halus” dan dijalankan lewat blog anda.

Tapi waktu itu Facebook belum setenar sekarang, meski trennya terus menanjak. Sampai pada akhirnya facebook menjadi situs web paling banyak dikunjungi di negeri ini dan saya masuk Facebook.

Pertanyaan yang saya yakin muncul dibenak anda, bagaimana menjalankan marketing di facebook?

Untuk pertanyaan di atas jawabannya sudah saya jelaskan pada posting soal facebook marketing. Silakan anda baca kembali.

Yang akan saya bahas di sini adalah bagaimana mengkombinasikan halaman page di facebook dengan blog anda. Sehingga keduanya dapat menjadi kombinasi yang manis sebagai bagian dari strategi marketing bisnis online anda.

Pertama yang perlu diingat adalah keduanya bersifat soft selling. Berupa cara promosi online yang dilakukan secara halus atau tidak secara langsung. Karenanya jangan lakukan promosi secara ugal-ugalan di kedua media tersebut.

Mengapa?

Jawabannya seperti ketika anda nonton iklan di televisi. Tiap kali jeda iklan muncul, saat itu pula anda pencet remote control. Karena iklan di televisi itu hard selling dan kebanyakan orang yang berada di facebook atau mengunjungi sebuah blog “relatif” anti iklan semacam itu.

Di blog yang mereka cari adalah informasi. Di facebook yang mereka cari pertama adalah agar bisa berhubungan dengan teman-temannya. Dari sana mereka ingin tahu apa kabar terbaru dari teman-teman mereka. Baru kedua adalah agar bisa mencari informasi atau terhubung dengan pusat-pusat informasi yang memang sesuai minat mereka.

Prinsip kedua adalah pada kedua media tersebut berfungsi meningkatkan hubungan yang lebih dekat lagi pada para konsumen atau calon konsumen anda.

Mengapa?

Karena fenomena marketing di internet yang berkembang saat ini menggunakan konsep get, keep, sell. Anda dapatkan (get) calon konsumen, lalu anda jaga (keep) mereka, dan baru sambil itu anda lakukan promosi (sell).

Kembali ke pertanyaan tadi bagaimana mengkombinasikan keduanya untuk mendukung bisnis online anda?

Beberapa caranya seperti di bawah ini;
Anda perlu buat group atau page. Kalau untuk tujuan bisnis, saya sarankan lebih baik anda membuat page facebook.
Memasukkan feed blog. Ada beberapa cara seperti memasukkannya ke notes pages facebook atau menggunakan aplikasi tertentu.
Sering-sering update page sesuai niche bisnis anda. Kalau di facebook jokosusilo minimal anda akan temukan tiga update baru setiap harinya. Anda sudah bergabung?
Selain page, tentu update blog tidak boleh anda tinggalkan. Karena terbatasnya space di facebook, anda bisa gunakan blog untuk menulis posting yang lebih panjang dan mendalam.
Itu dulu tipsnya. Masih ada sebetulnya tips dan strategi bisnis online kombinasi kedua sosial media ini. Tapi sebagai awalan tips dan strategi yang saya sampaikan di atas sudah memadai untuk mengkombinasikan blog dan page di facebook sebagai pendukung bisnis online anda.

Pembahasan lebih detail dan mendalam bakal anda temukan di MrActionClub.com. Anda sudah bergabung? NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.