Thursday, March 25, 2010

RAHASIA ORANG MENJADI KAYA RAYA


Orang-orang kaya selalu punya rahasia untuk meningkatkan penghasilannya. Contohnya bagaimana Carlos Slim mampu meningkatkan kekayaannya sampai mencapai Rp 500 triliun dan bahkan menjadi orang terkaya dunia tahun ini, di saat dunia belum sembuh dari deraan krisis ekonomi.

Ya itulah leverage atau daya ungkit. Inilah rahasia orang kaya yang dalam ‘sekejap’ mampu meningkatkan kekayaannya secara berlipat-lipat.

Apa yang dimaksud leverage atau daya ungkit?

Pengertian leverage secara sederhana begini. Anda mampu melakukan percepatan usaha dengan luar biasa dengan melibatkan sumber daya di sekeliling anda.

Kalau anda mau buat toko online tapi kebingungan membuatnya, anda bisa meleverage-nya dengan memanfaatkan web developer atau pembuat web. Kalau anda mau mempercepat pemasaran internet produk anda, anda bisa buat sistem penyebaran seperti virus seperti yang saya ajarkan di Formula Bisnis. Kalau anda mau meleverage kemampuan anda di bidang bisnis internet atau internet marketing, anda bisa gabung dengan klub bisnis online berorientasi ACTION yang saya kelola.

Di atas tadi beberapa contoh sederhana leverage di bisnis internet. Leverage itu bisa berupa pembimbing, tim, network atau jaringan, sumber daya, sistem dan peralatan. Pada intinya, leverage atau daya ungkit itu erat kaitannya berhubungan dengan pihak lain.

Lalu pada hal yang bagaimana anda bisa memanfaatkan waktu , tenaga, dan skill orang lain untuk meleverage kesuksesan anda?

Yang perlu anda lakukan leverage adalah:

  • Pekerjaan dimana anda kurang ahli. Seperti misalnya anda tidak ahli desain, serahkan saja pada ahlinya. Kalau anda bingung bagaimana membuat web otomatis, anda bisa manfaatkan produk di gempar.com.
  • Membuat pekerjaan anda selesai lebih baik. Lebih baik artinya bisa lebih cepat atau lebih baik kualitasnya. Anda bisa ciptakan sistem dan kondisi yang mempercepat terselesaikannya pekerjaan-pekerjaan anda.

Cobalah untuk meleverage bisnis anda. Mulai dari satu dulu. Lihat hasilnya, dan jika berhasil tinggal anda terapkan leverage secara berulang-ulang terhadap berbagai aspek bisnis anda.

Kalau kembali ke kasus Carlos Slim tadi bagaimana dia mampu menaikkan kekayaannya sebesar 18,5 miliar US dollar dalam 12 bulan? Jawabannya karena dia mampu me-leverage saham-saham yang dimilikinya sehingga menghasilkan keuntungan yang berlipat untuknya.

Biar nantinya anda mudah ingat, saya tanya saja “sudahkah anda melakukan leverage hari ini?” :)

NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.