Wednesday, March 23, 2011

Cinta Kasih Tanpa Pilih Kasih

Cinta kasih tanpa pilih kasih adalah salah satu keunikan dalam ajaran Buddha. Istilah populernya disebut METTA. Pada umumnya, kita diajarkan untuk mencintai sesama. Namun, sesungguhnya Buddha tidak mengajarkan demikian. Buddha tidak mengajarkan kita untuk mencintai sesama, tapi mencintai semua makhluk!

Mencintai sesama hanya akan mengurangi makna cinta itu sendiri. Mencintai sesama boleh dibilang cinta yang sempit. Oleh karena itu Buddha mengajarkan bahwa kita bukan hanya mencintai sesama manusia saja, atau sesama umat seagama saja, melainkan mencintai semua makhluk juga.

Di alam kehidupan ini ada banyak makhluk yang tampak maupun tidak tampak oleh mata kita. Terbarkanlah cinta kasih kepada mereka semua tanpa memilih-milih makhluk mana yang ingin kita bahagiakan. Kita harus berusaha sekuat tenaga untuk membahagiakan semua makhluk yang kita jumpai.

METTA adalah cinta kasih tanpa pilih kasih, tidak memihak spesies tertentu, tidak memilih-milih siapa yang dicintai. Cinta kasih seperti ini tidak mengharap balasan atau takut kehilangan. Jika kita mengharap balasan dari makhluk-makhluk yang kita cintai tersebut, kita akan kecewa bila mereka tidak membalas kebaikan yang telah kita lakukan kepada mereka. Jika kita takut kehilangan yang kita cintai, kita pasti akan sedih dan menderita, karena semua pasti berubah. Apa yang kita cintai juga akan berubah. Oleh karena itu, METTA tidak akan menimbulkan kesedihan, kekecewaan, dan ketakutan.

Mulailah mengikis kebencian dan dendam. Berdoalah selalu agar diri kita dan semua makhluk di sekitar kita berbahagia. Jangan karena demi kesejahteraan yang sedemikian besar kepada makhluk lain, kita menjadi lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Cinta kasih yang tanpa batas ini berjalan bersamaan dengan tekad untuk membahagiakan diri sendiri dan juga makhluk lain. Prioritas utama adalah kebersamaan dalam kebahagiaan. Be Happy Together :-)

Bagi orang yang selalu menebarkan cinta kasih kepada semua makhluk, ia akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:
  1. Tidur dengan nyenyak, tidak gelisah.
  2. Bangun tidur dengan segar.
  3. Tidak akan bermimpi buruk.
  4. Disayang sesama manusia.
  5. Disayang oleh semua makhluk.
  6. Dilindungi oleh para dewa.
  7. Tidak akan dilukai oleh api, racun dan senjata.
  8. Mudah memusatkan pikiran.
  9. Memiliki wajah yang tenang dan berseri-seri.
  10. Meninggal dunia dengan tenang.
  11. Terlahir di alam bahagia.
Marilah kita senantiasa menebarkan cinta kasih tanpa pilih kasih, di mana pun, kapan pun, dan kepada siapa pun.

BE HAPPY TOGETHER :-)

Aji Nugroho, S.Ag.
Bumi Anugerah Sejahtera RT03/04 Blok E No.34
Rajeg Rajawali, Kukun, Tangerang, Banten 15440
+6281 385 962869